Selasa, 16 September 2014

Pengertian Kata Dayak


Kata ''Dayak'' berasal dari kata ''daya'' yang artinya ''hulu'' sebagai sebutan untuk masyarakat yang tinggal di pedalaman Kalimantan Barat. Suku Dayak adalah suku asli Kalimantan yang hidup berkelompok dan hidup di pedalaman. Arti Kata Dayak itu sendiri masih bisa diperdebatkan. Orang2 Iban menggunakan istilah Dayak dengan arti manusia. Sementara banyak lainnya menyatakan bahwa kata itu berarti pedalaman.

Kata Dayak sebenarnya diberikan oleh orang-orang Melayu yang datang ke Kalimantan. Orang-orang Dayak sendiri sebenarnya keberatan memakai nama Dayak, sebab lebih diartikan kepada hal yang negatif. Padahal semboyan Dayak adalah ''menteng ueh mamut'' yang berarti seseorang yang memiliki kekuatan gagah berani serta tidak kenal menyerah atau pantang mundur. 
 Dayak adalah nama penduduk asli Pulau Borneo yang saat ini masih banyak tinggal di pedalaman Kalimantan. Terdapat tumbuhan Bawang Berlian yang sudah terkenal akan khasiatnya. Dayak Indian adalah Suku Kanibal. Mereka akan memakan manusia sebagai sumber kesaktian yang dimiliki.Akan tetapi mereka tidak akan membunuh manusia jika tidak ada perang dan tidak memiliki musuh.Karena suku ini adalah suku yang cinta damai.


 Dayak Papua


Dayak Papua tinggal di bagian tengah pulau papua. Penduduk Papua dapat dibedakan menjadi 3 kelompok, yaitu penduduk daerah pedalaman, penduduk daerah pantai, dan penduduk dataran tinggi.
Umumnya masyarakat Papua hidup dalam sistem kekerabatan dengan menganut Patrilinea (garis keturunan ayah). Tradisi yang diwajibkan adalah tradisi potong jari sebagai wujud duka cita. Tradisi ini dilakukan oleh salah satu anggota keluarga, seperti ; suami,istri,ayah,ibu,adik,dan anak yang ditinggal mati.
Di Papua terdapat buah yang khas, yang tidak ada di daerah lain yaitu Buah Merah.



Baca juga artikel tentang: