Selasa, 16 September 2014

Cara Aman Menyimpan dan Merawat Lensa Kamera dari Jamur

Tips dan Trik



Semua fotografer pasti menginginkan lensa kameranya terbebas dari jamur. Salah satu penyebab penjamuran adalah kelembaban udara yang tinggi.
Berikut cara agar lensa kamera DSLR terhindar dari penjamuran :
1. Bersihkan Lensa Setiap Selesai Digunakan

Bersikan lensa dengan kuas pembersih debu. Lalu Semprotkan debu dengan blower untuk membersihkan debu yang tidak dapat terjangkau oleh kuas pembersih.
Setelah bersih dari debu, gunakan tissue lensa untuk membersihkan minyak yang melekat di permukaan lensa, basuh lah lensa.
Gunakan pen pembersih lensa untuk membersikan lensa secara maksimal.
Setelah bersih semua, Non-aktifkan Auto Focus dan Image stabilezer

2. Lepaskan Baterai dan Lensa dari Body Kamera Saat Disimpan

Untuk penyimpanan dalam waktu yang lama, sebaiknya kartu memori juga dilepaskan dari bodi kamera.
 
3. Ganti Lensa Ditempat yang Bersih dan Kering

Penggantian lensa bisa dikatakan sangat kritis saat kita memisahkan lensa dari bodi kamera. Ada kemungkinan debu, air, dan partikel kecil lainnya, yang mengakibatkan kotornya optik lensa maupun sensor gambar. Pastikan penggantian lensa pada tempat yang kering, bersih, bebas dari debu, uap, cairan kimia dsb.

4. Pasang Screen Protector Pada LCD & Filter UV Pada Lensa
 
Screen Protector hampir sama dengan filter pada lensa. Jika Screen Protector melindungi layar LCD kamera, filter UV berfungsi melindungi permukaan optik lensa dari goresan, debu, air dsb. Selain fungsinya sebagai pelindung fisik optik lensa, filter UV juga berfungsi mengurangi sinar ultraviolet yan masuk ke lensa. Hal ini akan dapat meningkatkan kualitas gambar yang dihasilkan karena menjaga kontras dan detail foto, khususnya pada foto Landscape.

5. Selalu Tutup Lensa Dengan Lense Cap Saat Tidak Digunakan
Menutup lensa dengan Lense Cap berfungsi untuk mengurangi kemungkinan adanya partikel debu dan air yang masuk ke lensa serta mencegah benturan filter lensa dengan benda lain.
Selamat mencoba