Rabu, 24 September 2014

Makanan India Paling nikmat

Setelah dilanda demam Korea, Indonesia kini kembali dilanda demam India. Mulai dari anak-anak, kalangan remaja, ibu-ibu rumpi, hingga nenek-nenek semua membicarakan sinetron india yang habis ditonton semalam. Bahkan hampir di setiap festival Indonesia meniru cara berpakaian pada tokoh dalam serial india tersebut. Ada pula yang mencari tahu tentang makanan khasnya. Yang namanya makanan India, di otak kita tentunya sudah terbayang makanan dengan tingkat kepedasan ekstra.
Tapi tidak juga.
Masyarakat India pada umumnya penyuka manis. Nah.... bagi yang penasaran, apa saja sih, makan khas india itu?  ini dia infonya, mulai dari yang manis hingga pedas :



1. Laddoo
            
    Berawal dari Mahabarata, sering kali muncul makanan ini. Laddu atau Ladoo adalah gorengan yang membentuk bola. Ladoo tidak hanya dimakan sebagai cemilan atau makanan penutup, tapi juga sebagai hidangan di pesta pernikahan dan berbagai upacara keagamaan India.
 
Manisan ini mirip dengan madumangsa (jawa), hanya saja madumangsa terbuat dari beras. Sedangkan ladu terbuat dari tepung.

2. Kheer
 
 Setelah Mahabarata, ada drama mitologi lagi yaitu Mahadewa. Di India namanya Devon Ke.... Mahadev.
Kemudian disusul hatim, jodha dsb. hadeeeeh.... makin gila india aja nih orang-orang.
Kembali ke kuliner
Makanan yang satu ini sering kali muncul di serial Mahadewa. Kira-kira kheer itu apa ya? hmmm...
Kheer adalah bubur nasi manis, sejenis dengan salah satu makanan jawa (jenang abang). bedanya, jenang abang hanya dimasak dengan gula merah saja, sedangkan kheer dimasak dengan campuran susu. Hampir mirip bubur ayam, tetapi manis. Kheer terdapat di India utara. Di India selatan, masakan ini disebut payasam. Kebanyakan, Payasam lebih menggunakan santan ketimbang susu.

3. Pani Puri

Panipuri adalah jajanan kaki lima yang sangat populer di India. Puri yaitu bola goreng berongga yang renyah. Sedangkan pani yaitu kuah bercitarasa seperti rujak Aceh. Bayangin aja, udah bikin ngiler...
Panipuri harus dimakan sekali lahap, tidak boleh digigit setengah. Hmmm,, kenapa begitu? ''nanti juga tau sendiri akibatnya''  hehehehe...
Puri biasanya berukuran sedang, seingga bisa langsung dimasukkan ke dalam mulut.

 4. Biryani
 Biryani adalah sebuah hidangan dari India selatan yang kelezatannya sudah diakui di seluruh dunia. Makanan ini terbuat dari basmati, yaitu nasi khas India yang teksturnya lebih panjang dari yang kita temui. Basmati dimasak dengan rempah-rempah ala India (kari). Akan lebih nikmat jika menyantapnya bersama orang banyak.

5. Ayam Tandoori
Ayam tandoori juga dikenal sebagai Tandoori Murgh. Tandoori adalah salah satu hidangan India yang paling mudah dibuat, sehingga makanan ini menjadi sangat populer di kalangan ibu-ibu rumah tangga. Tandoori disajikan dalam ukuran besar. Bisa dinikmati bersama roti ataupun nasi. Rasanya sangat pedas dan nikmat.


Terimakasih, selamat mencicipi