Sabtu, 11 Oktober 2014

Manfaat Apel

Buah apel adalah salah satu buah yang banyak dikonsumsi, baik secara langsung ataupun diolah. Teksturnya agak padat dan rasanya manis. Buah ini banyak dimanfaatkan untuk dijadikan cemilan serta untuk pembuatan kue. Apel merupakan salah satu buah yang sangat menunjang program diet alami dan banyak digunakan sebagai ramuan herbal lainnya.

Varian Buah Apel :

1. Apel Malang
 
Apel khas Indonesia ini berwarna hijau, dan memiliki rasa yang agak asam yang menyegarkan.

2. Apel Manalagi
 
Apel jenis ini juga banyak ditemui di Indonesia. Bentuknya agak bundar, dengan rasa manis dan banyak mengandung air.

3. Apel Gala
 
Buah apel jenis ini berasal dari New Zealand berwarna kuning dengan garis-garis vertikal berwarna merah jambu. Aromanya sangat harum dan rasanya lebi manis.

4. Apel Golden Delicious
 
Apel ini memiliki warna hijau dengan semburat warna kining dan buahnya agak keras. Teksturnya yang Juicy membuat apel ini banyak digunakan sebagai saus apel dan toping kue.

5. Apel Red Delicious
 
Apel yang berasal dari Amerika ini memiliki warna merah hati dengan tekstur yang lunak membuat apel ini populer di Indonesia.
 
 Beragamnya jenis buah apel ini, selain dapat mempercantik kulit, juga dapat mencegah berbagai penyakit sebagai berikut :
1. Mencegah Al-zheimer
Apel memiliki kandungan quercetin yang berfungsi melindungi otak dari radikal bebas/toksin yang memicu Al-zheimer.

2. Anti Kanker
Kandugan flafonoid yang ada dalam buah apel berfungsi untuk mencegah berbagai macam penyakit kanker.

3. Menurunkan Kolesterol
Apel dapat mencegah kolesterol dalam tubuh yang menyebabkan beberapa penyakit, seperti jantung, stroke, tekanan darah tinggi, diabetes dll.

4. Mencegah dehidrasi
Buah apel memiliki kandungan air yang dapat mencegah dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh. Biasanya penderita mengalami kehausan karena dehidrasi.

5. Menyehatkan Mata
Mengkonsumsi apel dapat menjernihkan penglihatan`serta mencegah datangnya berbagai gangguan penglihatan seperti raun/katarak.

6. Melindungi Gigi
Buah apel dapat merangsang air liur lidah, sehingga mencegah pengkeroposan pada gigi yang menyebabkan gigi ompong.

7. Mengurangi Berat Badan
Apel dapat menjaga badan agar tetap ideal, dan akan lebih cepat menurunkan berat badan jika dimasukkan dalam menu diet.

8. Menjaga Tulang
Kandungan phioridzin pada apel dapat melindungi tulang wanita saat monopause,seperti osteoporosis, meningkatkan masa tulang dan dapat memperkuat tulang.

Mengkonsumsi buah apel setiap hari akan menjaga tubuh dari bebagai gangguan kesehatan karena kandungan antioksidan yang tinggi.