Selasa, 30 September 2014

Makanan Khas China

Negara Cina terkenal dengan makanannya yang khas. Kebanyakan rempah yang digunakan hampir mirip dengan makanan Indonesia. Masakan China tak kalah nikmat juga dengan negara-negara lain. Di antara masakan kas Thionghoa ini, ada yang bumbunya diganti dengan bumbu lokal.
Berikut beberapa daftar makanan khas China :

1. Nasi Ayam Kee Moy
 
Nasi tim ayam giling atau Kee Moy memiliki rasa yang dapat memanjakan lidah anda. Dipadu dengan kuah khas Thionghoa, menjadikan masakan yang satu ini benar-benar sedap.
2. Lontong Cap Go Meh
 
Makanan ini biasa disajikan saat peryaan terakhir imlek. Cap Go Meh berasal dari kata Cap yang berarti sepuluh, Go yang berarti lima, dan Meh yang berarti malam. Maksudnya, Cap Go Meh adalah hari ke lima belas atau hari terakhir tahun baru Imlek bagi komunitas kaum migran Tionghoa yang tinggal di luar China.
3. Kwetiaw
 
Kwetiaw adalah mie khas tionghoa yang terbuat dari tepung beras, berwarna putih dan pipih. Mie ini bisa dimasak apapun sesuai selera.
4. Ayam Cincang Gong Bao
 
Ayam cincang Gong Bao merupakan makanan paling populer di antara  turis asing. Saking lezatnya, masakan ini ada hampir di setiap menu di luar China.
5. Bebek Peking
 
Konon, Bebek Peking di hidangkan khusus untuk para raja. Bebek yang dipanggang secara utuh ini, kemudian dipotong tipis-tipis, lalu dilumuri saus asam manis. Sajian lezat ini kini banyak dihidangkan saat pesta pernikahan kaum elit di Indonesia. hmmmm benar-benar menggugah selera.
6. Tahu Ma Po
 
Tahu Ma Po adalah salah satu masakan paling lezat di China. Makanan ini kaya akan bumbu pedas, dan biasa disajikan sebagai hidangan utama. 
7. Fu Yong Hai
 
Fu Yong Hai atau Fu Yung Hai ini adalah martabak telur ala Tionghoa. disajikan dengan saus khas China yang sangat lezat.
8. Capcay
 
Capcay adalah tumis berkuah khas tionghoa yang dibuat dari berbagai macam sayuran yang diberi bumbu kaldu lezat.
9. Ifu Mie
 
Ifu Mie adalah mie yang digoreng garing, kemudian disiram dengan tumis sayur di atasnya. Makanan ini biasa dihidangkan saat acara tertentu.

10. Dimsum
 
 Dimsum merupakan kudapan khas Negeri Tirai Bambu. Kudapan ini biasa disajikan di pagi hari sebagai sarapan orang-orang China. Varian Dimsum sangat beragam. Bakan, ada beribu-ribu jenis. Melihat tampilannya saja sudah bikin ngiler.
11.  Bakpao
 
Bakpao berasa dari kata Bak, yag artinya daging. Dan Pao, yang artinya bungkusan. Jadi, Bakpao adalah bungkusan yang berisi daging. Tapi di Indonesia sendiri, Bakpao ini berisi kacang hijau, coklat dan berbagai macam selai.
12. Bingtanghulu