Jumat, 26 September 2014

Makanan Jepang Terpopuler di Indonesia

 
Makanan Jepang memang tergolong unik dan lezat. Lebih mengutamakan kesegaran dan tidak banyak mengandung lemak, namun tetap nikmat di lidah. Kandungan vitamin dalam makanan jepang sangat baik untuk kesehatan otak. Makanan Jepang memang selalu diminati para pemburu kuliner. Dan jika anda pernah menonton anime, makanan-makanan ini selalu nampang dan eksis.
Naah, ini dia daftar makanan Jepang terpopuler di Indonesia, yang cocok di lidah orang Indonesia :

1. Dorayaki

Masih ingat tokoh kartun Doraemon? tentu tak asing untuk kue yang satu ini. Dorayaki adalah kue tradisional Jepang (Wagashi). Bentuknya bundar agak menonjol di bagian tengah, terdiri dari 2 lapis agak mirip martabak terang bulan.
 
2. Mochi

 Sesuai dengan namanya, Mochi berbentuk bola-bola kecil yang imut. Di Jepang, Mochi sering dimakan pada pesta perayaan tradisional Mochitsuki (perayaan tahun baru Jepang). Rasanya yang lembut di mulut, membuat ketagihan orang yang memakannya.
3. Takoyaki

 Takoyaki berbentuk bulatan kecil, hampir seukuran dengan mochi. Memiliki tektur yang renyah diluar,tapi lembut dan juicy di dalam. Aromanya yang menggugah selera, bisa membuat ngiler. Rasanya enak, seperti bakso panggang. Takoyaki biasa dijual di pinggir jalan,pasar malam dan hampir di setiap festival di Jepang.
4. Teriyaki

Teriyaki berasal dari kata Teri yang artinya bersinar karena diberi gula, dan yaki yang berarti dipanggang. Bahan yang digunakan di Jepang biasanya berupa ikan salmon,tongkol,mackarel,trout dan marlin. Sedangkan di luar Jepang berupa daging sapi dan ayam. Cara memakannya yaitu dengan mencelupkan ke dalam saus teriyaki dan kecap asin, kemudian panggang, celup dan panggang lagi hingga matang.

5. Yakitori

 Yakitori adalah sate Jepang yang biasanya menggunakan daging dan sayuran. Bedanya, Yakitori memiliki rasa asam manis. Makanan ini biasa dinikmati anak-anak muda saat berkumpul bersama atau hangout.

 6. Yakiniku


Yakiniku terdiri dari dua kata yaitu Yaki yang artinya memanggang dan Niku yang artinya daging. Pada dasarnya Yakiniku sama dengan Yakitori. Yang membedakan, Yakitori ditusuk seperti sate, sedangkan Yakiniku di iris pipih. Biasanya makanan ini disajikan di atas meja beserta kompor dan pemanggang, kemudian bila ingin memakannya kita harus panggang sendiri. Sensasi memanggang sendiri inilah yang membuat ketagihan. Memakan sedikit saja tentu kurang, pengen makan lagi,lagi dan lagi.
7. Ramen

Pernah lihat tokoh naruto? tentu tahu makan ini, yang sering muncul. Makanan ini umumnya disuka anak-anak sekolah dan pekerja kantoran.Mi ini tersaji dalam mangkuk besar penuh kuah dengan beraneka macam topping, seperti irisan daun bawang,telur rebus dan irisan ikan. Kuah ramen sangat beraneka ragam tergantung pada jenis kaldu dan bumbu yang digunakan.
 
8. Udon

 Udon merupakan jenis mie yang terbuat dari tepung terigu, mirip ramen tapi agak tebal dan lebar. Makanan musim dingin ini lebih nikmat disantap ketika masih hangat. Topping yang digunakan biasanya berupa lobak,ubi konyaku,telur rebus serta chikuwa.
9. Sashimi


 Sashimi adalah makanan berupa hewan-hewan laut yang dimakan mentah-mentah. Sashimi yang disajikan harus dalam keadaan yang masih segar. Biasanya dicampuri perasan jeruk lemon dan wasabi,atau dicelupkan ke dalam kecap asin. Jenisnya ada 3 macam, yaitu Tsugatazukuri (potongan ikan diatas ikan utuh), Ikezukuri (hewan laut hidup), dan Tataki (setengah matang).
10.  Sushi
 

 Sushi merupakan nasi gulung berbumbu yang di dalamnya berisi lauk, berupa ikan,daging dan sayuran, kemudian dipotong menjadi beberapa bagian. Biasanya sushi dimakan dengan sashimi, beserta saus teriyaki ataupun kecap asin. Sushi ini berukuran sekali lahap tetapi memakan beberapa potong saja sudah membuat perut kenyang karena teksturnya yang padat.
11. Onigiri 


Jadi ingat tokoh Sinchan sama Masao kalau makan makanan yang satu ini. Onigiri adalah nasi kepal yang di dalamnya terdapat ikan,buah plum ataupun chocobi. Hampir mirip sushi sih, tapi rumput lautnya lebih sedikit.
Kalau pernah lihat anime,pasti tahu tentang makanan ini. Biasanya Onigiri disajikan sebagai bekal anak-anak sekolah dan pekerja kantoran. Cara membuatnya begitu sederhana, rasanya pun sangat nikmat.

12. Tonkatsu 

Jaman dahulu, Tonkatsu hanya disajikan untuk raja. Tapi sekarang, semua orang bisa menikmatinya. Mulanya, Tonkatsu terbuat dari daging babi yang digoreng renyah, tapi kini Tonkatsu lebih banyak menggunakan daging sapi atau ayam. Dan rasanya pun tak kalah lezat.

13. Kamaboko

Kamaboko adalah makanan olahan dari ikan yang dihaluskan dan di cetak dengan kayu, kemudian dikukus. Bahan kayu yang digunakan biasanya tidak berbau saat dikukus. Makanan ini sering disebut Naruto-Maki, karena motifnya yang menyerupai pusaran air. Orang Indonesia menyebutnya ''otak-otak ala Jepang''. Teksturnya kenyal, biasa disajikan dengan makanan berkuah.


Hampir dapat dipastikan bahwa semua orang pernah mencicipi makanan Jepang dan tentunya akan mengatakan menyukainya serta terlebih lagi ingin mencicipinya di lain hari. Meskipun setiap orang memiliki lidah yang berbeda dalam rasa masakan Jepang, kemunculan untuk mencobanya lagi dijamin akan terulang. Bukan hanya tampilan unik dari makanan Jepang melainkan aroma dan rasa yang langka kita peroleh dalam mencicipinya.Makanan Jepang dihidangkan dalam porsi yang kecil. Hal ini dilakukan untuk mencegah makan secara berlebihan.Meskipun langka dalam memperolehnya namun cara memasak dan mengolahnya cukup sederhana. Jadi mengapa kita tidak berusaha menghemat uang dan mencoba mengolah masakan Jepang di rumah saja ?